tips menikmati guinness beer

Kata siapa meminum bir tidak butuh effort lebih? Kenikmatan yang sempurna tidak hanya didapat dengan menenggak bir begitu saja. Perlu latihan agar bisa menyajikan segelas bir dengan rasa sempurna. Terlebih bagi para pecinta Guinness beer, teknik penyajian bir klasik ini layak untuk diikuti dan dicoba.

Tips Menyajikan dan Menikmati Guinness Beer

  • Tuangkan bir Guinness ke dalam gelas yang tepat

Sebenarnya, meminum bir bisa menggunakan jenis gelas apa saja. Namun, ini adalah teknik penyajian untuk mendapatkan kesempurnaan rasa dalam menikmati bir Guinness. Disarankan untuk menggunakan gelas tulip untuk mengonsumsinya. Hal ini karena bentuk gelas tulip akan membantu gelembung nitrogen  bergerak dari bawah gelas, lalu ke permukaan. Biasanya menggunakan gelas dengan ukuran 480 mililiter atau disebut sebagai ukuran satu pint.

  • Tuang dengan sudut kemiringan 45 derajat

Saat menuang bir ke dalam gelas, perhatikan kemiringannya hingga 45 derajat. Tuang perlahan hingga 3/4 bagian gelas terisi. Tujuannya adalah agar bir tidak banyak berbuih. Sehingga membuat tampilan bagian permukaan pada gelas terlihat lebih baik. Hindari juga menuangkan bir persis di tengah gelas. Hal ini untuk menghindari lubang pada busa di permukaan dan juga adanya gelembung besar.

  • Diamkan sejenak setelah dituangkan

Tujuan untuk mendiamkan ini agar busa lembut mulai muncul ke permukaan. Tunggulah sekitar satu hingga dua menit saja. Busa lembut tersebut berasal dari gelembung-gelembung nitrogen yang naik ke bagian atas karena adanya pergerakan bir ketika dituangkan.

  • Tuangkan sisa bir ke dalam gelas

Setelahnya, kamu bisa dengan bebas untuk langsung menuangkan sisa bir tersebut di tengah-tengah gelas agar efek busa kubah atau busa menggembung muncul di permukaan. Kemudian, nikmatilah Guinness beer kamu dengan sajian yang sempurna.

Membuat Kombinasi Half and Half

Half and half ini merupakan perpaduan dari bir hitam Guinness dengan ale, bir hasil fermentasi jelai dengan rasa yang pahit. Perpaduan asal Irlandia ini akan membuat bir hitam berada pada lapisan atas minuman. Berikut cara membuatnya.

  • Siapkan pale ale atau lager

Kamu perlu menyiapkan satu botol pale ale, bir dengan warna yang lebih cerah, atau bisa juga lager, sejenis bir dari Jerman. Tuanglah ale ke dalam gelas hingga setengahnya terisi. Tuanglah dengan agak cepat agar muncul busa di permukaan minuman. Dari kombinasi half and half, Ale akan menjadi lapisan keemasan (tan).

  • Gunakan sendok

Letakkan sendok di atas gelas dengan menghadap ke bawah dan kepala sendok menyentuh dinding gelas serta pegangannya bertumpu di bibir gelas. Atau bisa juga menggunakan sendok khusus yang didesain untuk membuat campuran half and half yang bisa dengan mudah ditemukan di toko-toko.

  • Tuangkan Guinness beer perlahan

Kemudian, kamu bisa menuangkan bir Guinness perlahan ke atas sendok. Lakukan secara perlahan dan hati-hati agar bir hitam tetap berada di atas permukaan ale. Sendok ini berfungsi untuk membuat busa lembut di permukaan minuman bisa tercipta lebih baik.

Kemudian sajian Guinness beer dengan kombinasi ale ini dapat dinikmati. Bisa juga dengan membuat kombinasi black adder. Caranya sama, hanya saja ale diganti dengan cider, minuman fermentasi dari sari buah apel. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here