Siapa Ananda Badudu yang ditangkap polisi?
Ananda Badudu, penggalang dana yang ditangkap

updateterbaru.com, Hari ini tagar #BebaskanAnandaBadudu jadi trending topic di Twitter hari ini, Jumat, 27 September 2019. Banyak yang bertanya-tanya, siapa Ananda Badudu dan kenapa dia banyak diomongin di sosial media.

Musisi Ananda Badudu ditangkap aparat Polda Metro Jaya pada Jumat pagi, 27 September 2019. Penangkapan ini terkait dengan penggalangan dana yang dilakukan oleh Ananda melalui situs crowdfunding kitabisa.com, yang dipergunakan untuk demo mahasiswa penentang RKUHP dan RUU KPK yang sudah disetujui di depan gedung DPR pada 23-24 September 2019.

Kabar penangkapan ini disampaikan melalui cuitannya di media sosial Twitter. Ananda menulis, “saya dijemput Polda karena mentransfer sejumlah dana pada mahasiswa,” tulisnya pada Jumat.

Setelah beberapa jam ditahan, mantan wartawan Tempo ini dibebaskan setelah menjalani pemeriksaan di POlda Metro Jaya. Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, Ananda Badudu dimintai keterangan sebagai saksi.

Bagi sebagian orang, pasti bertanya-tanya, siapakah Ananda Badudu yang pagi-pagi sudah ramai diperbincangkan di Twitter.

1. Seorang jurnalis

Ananda Badudu tidak hanya sebatas musisi aja, tetapi dia juga seorang jurnalis dan aktivis HAM. Ternyata, Ananda pernah bekerja sebagai jurnalis di harian Tempo. Sekarang Ananda sedang bekerja di VICE Indonesia.

Saat masih kuliah, Ananda pernah menjabat sebagai Pemimpin Umum Media Parahyangan, sebuah UKM yang ada di Universitas Katolik Parahyangan. Alumni jurusan Hubungan Internasional ini sering dicap beraliran ‘kiri’.

2. Eks Personel Banda Neira

Siapa Ananda badudu?
Ananda Badudu, musisi dan eks Banda Neira

Grup musik bergenre folk tersebut digawangi oleh Rara Sekar dan Ananda Badudu. Band ini terbilang aktif mengeluarkan lagu. Di Banda Neira, Ananda sebagai gitaris, penulis lagu, serta vokalis di grup tersebut. Banda Neira menjadi sangat digemari karena memiliki musik yang sederhana dengan lirik yang puitis. Tak heran jika mereka disebut salah satu band indie terbaik.

Namun pada 2016, grup musik ini memutuskan untuk bubar. Kabar bubarnya ini disampaikan melalui akun Instagram Banda Neira.

Sebelum memutuskan bubar, di tahun yang sama, Banda Neira sempat mengeluarkan album ‘Yang Patah Tumbuh, Yang Hilang Berganti’.

3. Cucu ke-6 tokoh Bahasa Indonesia

Siapa Ananda Badudu yang jadi trending topic?
Ananda Badudu, aktivis dan cucu JS Badudu

Ananda Badudu memang berasal dari keluarga yang tidak sembarangan. Ternyata pria kelahiran 26 Desember 1987 ini adalah cucu dari tokoh Bahasa Indonesia, JS Badudu.

JS Badudu adalah seorang ahli Bahasa Indonesia yang cukup terkenal. kakek Ananda tercatat memiliki berbagai karya yang di antaranya Kamus Umum Bahasa Indonesia (1994), Kamus Kata-kata Serapan Asing, revisi kamus Sutan Muhammad Zein, Pelik-pelik Bahasa Indonesia, Inilah Bahasa Indonesia yang Benar, dan masih banyak lagi.

Berikut informasi seputar siapa Ananda Badudu, seorang aktivis yang berusaha membantu aksi reformasi dikorupsi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here