Bulu Tangkis
Pilih Pensiun dari Dunia Bulu Tangkis, 8 Bintang ini Jadi Apa?

upateterbaru.com, Lepas dari dunia bulu tangkis yang membesarkan namanya, beberapa atlet Indonesia memilih banting stir dalam berkarir. Beberapa deretan nama yang tak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia seperti taufik Hidayat, Susi Susanti atau Liliyana Natsir dan lainnya telah hengkang dari dunia olahraga. Tak sedikit dari mereka yang memilih menjadi pengusaha dan profesi lainnya

Apa sajakah profesi yang digeluti para pensiun atlet bulu tangkis tersebut?

1. Taufik Hidayat

Mantan tuggal putra Indonesia satu ini telah dikenal oleh seluruh dunia. Taufik Hidayat diketahui pernah menjadi salah satu raja tunggal putra dunia. Bertepatan dengan babak final Indoniesa Open di tahun 2013, Taufik memilih untuk gantung raket alias pensiun.  Setelah menyudahi karirnya sebagai atlet, Taufik mengemban amanat sebagai abdi negara di Kementerian Pemuda dan Olahraga.  Diketahui pula ia menjabat sebagai Wakil Ketua Satuan Pelaksanaan Program Indonesia Emas (Satlak Prima) dan juga Staf khusus di Kemenprora.

2. Susi Susanti

Bersama dengan suaminya Alan Budi Kusuma yang juga mantan atlet bulu tangkis kini mereka berkembang dengan bisnis produksi brand olahraga. Keduanya mengembangkan brand alat olahraga sendiri dengan nama Astec. Tak tanggung-tanggung, pasarnya menembus kancah internasional. Astec sudah dieskpor ke sejumlah negara seperti Hong Kong, Thailand, Singapura bahkan Amerika Serikat. Tak hanya itu, setelah memilih gantung raket keduanya masih aktif mengembangkan talenta-talenta muda di Pelatnas PBSI Cipayung.

3. Liliyana Natsir

Liliyana Natsir resmi gantung raket pada awal tahun 2019 yang bertepatan dengan turnamen Indonesia Masters di Istora Senayan. Sejak masih menggeluti dunia bulu tangkis, Butet (sapaan Liliyana) memang sudah mengembangkan dua bisnis yaitu reflexy di kawasan Gading Seprong dan bisnis properti. Tak hanya sampai disitu, mantan peraih medali emas Rio de Janeiro 2016 itu memilih untuk mengikuti seleksi CPNS setelah gantung raket. Ia mengikuti tes di kantor BKN pada 2019 dan lolos menjadi PNS karena masuk dalam 286 atlet peraih medali emas di Asian Games 2018.

4. Hariyanto Arbi

Mantan pebulu tangkis satu ini juga banting setir jadi pengusaha usai resmi gantung raket. Hariyanto Arby mengambil lahan bisnis yang masih berkaitan dengan dunia bulu tangkis yaitu berbagai perlengkapan seperti kaos, raket, sepatu, sampai karpen lapangan bernama Flypower. Bersama rekan sesama atletnya, Fung Permadi, usaha ini sudah dirintisnya sejak tahun 2002 lalu.

5. Rudi Hartono

Rudy Hartono menggeluti bidang bisnis yang tak biasa diambil mantan atlet lainnya. Ia memilih untuk menjalani bisnis peternakan sapi perah di Sukabumi, Jawa Barat. Tak hanya itu, dia juga dikabarkan menjadi agen resmi sejumlah merek peralatan olahraga ternama.

6. Vita Marissa

Spesialis pemain ganda kebanggaan Indonesia, Vita Marissa juga sudah gantung raket. Seusai itu ia memilih menjajaki dunia bisnis. Kini Vita melakoni bisnis bidang kuliner. Vita menyediakan restoran yang bisa jadi tempat nongkrong buat siapa pun bernama “Namanya Warung” di kawasan Bintaro. Selain itu,Vita ju ga aktif sebagai pelatih ganda campuran di Pelatnas PBSI Cipayung.

7. Rexy Mainaky

Dalam karirnya sebagai pebulu tangkis, Rexy dikenal sebagai pemain ganda putra yang sukses bersama Ricky Subagja. Setelah gantung raket pada tahun 2000, dia memutuskan beralih profesi sebagai pelatih. Namun ia tak langsung mengabdi di Indonesia. Karirnya sebagai pelatih dilanjutkan di sejumlah negara. Mulai dari Inggris, Malaysia, Filipina, hingga Thailand. Rexy selalu sukses mengantar anak asuhnya meraih prestasi. Rexy berhasil mengantar anak didiknya meraih medali perak dua kali saat menjadi pelatih di Malaysia.

8. Herry IP

Siapa tak kenal sosok Herry Iman Pierngadi. Para penikmat bulu tangkis seluruh dunia mengenal dia dengan julukan Coach Naga Api. Herry IP merupakan pelatih ganda putra Indonesia. Dari tangannya lahir pasangan terbaik dunia kebanggaan Indonesia. Mulai dari Candra Wijaya/Tony Gunawan, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, hingga mantan juara dunia junior Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Setelah mengalami cedera dan memutuskan untuk gantung raket, Herry mengambil kesempatan menjadi pelatih. PB Tangkas menjadi tempat pertama Herry IP merintis kariernya sebagai pelatih profesional.

Itulah beberapa bidang yang kini digeluti para mantan atlet bulu tangkis yang telah gantung raket. Mulai dari jadi abdi negara, pengusaha dan pelatih. Semua mereka tekuni setelah berhasil menorehkan prestasi indah dan mengharumkan bangsa Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here