Pencapain Black Pink yang semakin populer
Black Pink adalah Grup K-Pop asuhan YG Entertainment

upadateterbaru.com, Black Pink adalah sebuah grup penyanyi perempuan asal Korea Selatan. Grup asuhan YG Entertainment memiliki empat orang personil. Keempatnya terdiri dari Jisoo, Jennie, Rosé, dan Lisa. Grup ini belum berapa lama debut, namun telah memiliki banyak penggemar dan memiliki segudang prestasi.

Berikut pencapaian Black Pink dalam 3 tahun setelah debut:

1. Pencapaian 2016

Sejak tanggal 29 Juni 2016 YG Entertainment telah mengunggapkan anggota terakhir dan nama grup ini. Baru di bulan Agustus dilakukan persiapan promosi dengan perilisan cuplikan gambar dan partisipasi dalam lagu dan iklan. Tepat pada 8 Agustus 2016, Black Pink debut dengan single yang berjudul Square One. Dua single debut mereka Whistle dan Boombayah berada di nomor satu dan dua tangga lagu Billboard World Digital Songs.

Pada 14 Agustus 2016 menjadi penampilan music pertama Black Pink di acara Inkigayo kanal SBS. Setelah 13 hari debut, mereka memperoleh posisi pertama di Inkigayo dan memecahkan rekor sebagai grup wanita yang menang dengan waktu terpendek setelah debut. Promosi Square One berakhir dengan kemenangan lain di Inkigayo pada 11 September 2011.

Pada tanggal 31 Oktober 2016, Black Pink merilis single kedua dari album Square Two. Lagu Playing with Fire dan Stay menjadi single utama dari album tersebut. Pada 6 November 2016, mereka tampil di Inkigayo. Selanjutnya pada 10 November 2016 mereka tampil dalam acara M Countdown kanal Mnet. Single mereka kembali mencapai nomor satu tangga lagu Billboard World Digital Songs dengan lagu Flying With Fire. Sedangkan, di Korea Selatan, Playing with Fire berada di posisi ketiga dan Stay di peringkat sepuluh.

Black Pink juga berhasil mendapatkan banyak penghargaan bergangsi berkat kesuksesan komersil di lima bulan pertama mereka. Akhir tahun 2016, mereka menerima penghargaan musik di Korea, termasuk Asia Artist Awards, Melon Music Awards, Golden Disc Awards, Seoul Music Awards, dan Gaon Chart Music Awards. Terakhir mereka dinobatkan sebagai salah satu K-Pop terbaik tahun 2016 oleh Billboard.

Popularitas Black Pink
Baru beberapa bulan debut, Black Pink semakin bergelimangan penggemar

2. Pencapaian 2017

Black Pink menamakan klub penggemar mereka dari sebuah portmanteau dari kata Black dan Pink yaitu Blink Pada tanggal 17 Januari 2017. 5 bulan kemudian, grup ini merilis sebuah single digital berjudul As If It’s Your Last. Hanya satu hari of tracking debut di posisi satu Billboard’s World Digital Song pada 22 Juni 2017. Video music lagu ini melewati 10 juta penonton hanya dengan waktu kurang dari 17 jam. Menjadi video music yang paling disukai di Youtube untuk kategori grup penyanyi Korea. Serta menjadi video musik keempat yang paling banyak ditonton dalam 24 jam pertama setelah rilis. Dimana posisi tiga teratas ditempati oleh Gentleman dari PSY dan DNA serta Mic Drop dari BTS.

Sebulan setelah perilisan single AS IF It’s Your Last, Black Pink mengadakan sebuah pertunjukan di Nippon Budokan, Tokyo. Acara yang digelar pada 20 Juli 2017 ini dihadiri oleh 14,000 orang. Namun, menurut laporan ada sebanyak 200,000 orang mencoba mendapatkan tiketnya. Pada 30 Agustus 2017 grup ini membuat debut Jepang mereka. Mereka merilis dari extended play berbahasa Jepang yang dinamakan seperti nama grup mereka.

Tanggal 1 Oktober 2019 Black Pink membawakan As If It’s Your Last di Festival Musik Korea. Pada acara SBS Gayo Daejeon 2017, grup ini membawakan single digital mereka dan sebuah cover remix dari lagu So Hot milik Wonder Girls. Youtube memasukan single As If It’s Your Last dalam Global Top 25 Songs of the Summer for 2017.

Pencapaian Black Pink
Black Pink terus menorehkan prestasi

3. Pencapaian 2018

Pada bulan Januari 2018, perilisan ulang extended play Bahasa Jepang dengan judul Re:Blackpink. Lalu, pada 23 Mei 2018, Black Pink mengumumkan Bl-Ping-Bong sebagai lampu resmi mereka. Lampu ini ikut didesain oleh para anggota grup dengan warna resmi.

Pada tanggal 15 Juni, grup ini merilis Square Up dengan single berjudul Ddu-Du Ddu-Du. Menjadi grup perempuan K-pop pertama yang memasuki tangga lagu Official Trending Chart di Inggris. Black Pink berada di nomor 17 sejak diluncurkan pada tahun 2016.

Single Ddu-Du Ddu-Du juga berada di posisi tertinggi di Hot 100 oleh grup K-pop perempuan, yaitu di nomor 55 dengan 12.4 juta pendengar daring Amerika Serikat. Nielsen Music menyebutkan bahwa satu-satunya grup K-pop perempuan yang pernah berada di tangga lagu Hot 100 adalah Wonder Girls pada 2009. Lagu Nobody milik Wonder Girls berada di nomor 76. Sedangkan lagu Ddu-Du Ddu-Du berada di nomor 39 di perhitungan Streaming Songs AS. Single ini menjadi lagu keempat Black Pink yang memuncaki Billboard World Digital Songs.

Black Pink Arena Tour 2018 menjadi tur Jepang pertama mereka. Diadakan di Osaka pada tanggal 24-25 Juli. Pada tanggal 12 September, grup ini mengumumkan akan mengadakan konser pertama mereka di Olympic Gymnastics Arena Seoul. Konser mereka bertajuk Black Pink 2018 Tour [In Your Area] Seoul x BC Card. Pada tanggal 24 Desember, konser terakhir dari tur mereka ditambahkan di Kyocera Dome Osaka. Konser ini dipersembahkan sebagai kado Natal bagi para penggemar mereka.

Jennie dan Lisa bertemu Dua Lipa setelah menghadiri konser Lipa di Seoul. Pertemuan ini membuat Lipa mendapatkan ide untuk mengirimkan Kiss and Make Up. Lipa ingin seseorang untuk berkolaborasi dengan lagu yang belum selesai pada waktu itu. Sehingga pada bulan September 2018, penyanyi berkebangsaan Inggris Dua Lipa mengumumkan kolaborasi dengan Black Pink lewat Kiss and Make Up. Kolaborasi ini masuk ke dalam Complete Edition dari perilisan ulang album Lipa yang berjudul sama tanggal 19 Oktober 2018. 

Lagu Kiss and Make Up debut di nomor 93 di Billboard Hot 100. Lagu ini menjadi lagu kedua Black Pink masuk di tangga lagu ini. Sehingga membuat mereka menjadi satu-satunya grup perempuan Korea yang mempunyai dua lagu di tangga lagu ini. Selain itu, juga berada di nomor 36 di UK Singles Chart, menjadi lagu kedua mereka di tangga lagu ini dan lagu pertama mereka di 40 besar, membuat mereka menjadi grup perempuan pertama dan artis Korea ketiga secara keseluruhan yang berada di 40 besar.

Hyun-Sik sebagai CEO YG Entertainment mengumumkan bahwa masing-masing dari anggota Black Pink akan mempunyai proyek solo. Pada bulan Oktober 2018 diumumkan bahwa Jennie debut pertama dan dilanjutkan oleh Rosé. Mereka dikontrak oleh Interscope Records untuk sebuah mitra global dengan YG Entertainment pada bulan yang sama. Sehingga mereka akan berada di bawah Interscope dan Universal Music Group di luar Asia.

Pada tanggal 11 November, Jennie debut dengan single solonya yang berjudul Solo pada konser Black Pink di Seoul. Lalu pada hari berikutnya lagu dan video musiknya dirilis. Pada tanggal 23 November, album studio Jepang pertama mereka yang bernama Blackpink in Your Area tersedia secara digital. Lalu pada 5 Desember tersedia secara fisik. Terakhir di tahun 2018 pada bulan November, Black Pink mengumumkan tanggal tur tambahan dalam In Your Area World Tour. Ada tambahan tiga belas tanggal di sekitar Asia dari bulan Januari sampai Maret 2019.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here