Maya Miranda
Mengenal Sosok Maya Miranda dibalik Suksesnya JD.ID

Updateterbaru.com, Nama Maya Miranda mungkin akrab dikenal bagi kalangan pebisnis. Perempuan suskses dan cantik itu merupakan perempuan kelahiran 9 Juli 1973. Ia telah lama menggeluti bisnis tambang emas. Namun kini ia kembali sukses dalam bisnis kancah digital yaitu JD.ID, salah satu marketplace yang sudah banyak digemari para milennials.

Di usianya yang tak muda lagi, kesuksesan perempuan ini sangat menarik untuk dikulik. Sosoknya inspiratif Miranda sudah hadir sejak kecil. Ia selalu berhasil menjadi anak berpresatsi. Salah satu prestasinya di masa sekolah adalah menjadi finalis “French Poets Competition for Senior High School  for Jabotabek” yang diadakan oleh IKIP, Jakarta pada tahun 1991.

Di tahun yang sama pula ia berhasil meraih “The highest placed member of “Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4)” University of Pancasila di Jakarta. Di luar kemampuan akademik, Miranda juga memiliki bakat di bidang modeling terbukti dirinya menjadi finalis “The 1997 Asia Model Search” di Melbourne, pada tahun 1997.

Wah menarik ya prestasi yang dimiliki Maya Miranda sejak bersekolah. Namun tidak hanya sampai disitu, dibalik kesuksesannya sekarang ia pernah memulainya dari titik nol. Miranda pernah bekerja part time. Pada Tahun 1995-1996, ia bekerja sebagai Associate Lawyer di Dimhart & Associate Law Firm. Lalu pada tahun 1998-1999 ia bekerja paruh waktu di Konjen Republik Indonesia di Melbourne.

Namanya mulai cukup dikenal setelah memiliki perusahaan tambang. Perusahaan yang didirikan bersama suaminya Andreas Reza Nazaruddin yaitu PT Merdeka Copper and Gold Tbk yang mana ia sebagai Co-founder merangkap Shareholder disana.

Selain perusahaan tambang emas, perempuan berusia 47 tahun ini juga pandai melebarkan bisnis di bidang lainnya. Serangkaian bisnis yang digelutinya meliputi properti, kuliner, dan kecantikan. Mengingat kini era bisnis digital dan belanja online, ia ikut membuat bisnis tersebut yang kini dikenal dengan JD.ID.

JD.ID berhasil memikat para millennials pecinta belanja online lantaran menawarkan orisinalitas barang yang dijual. Promosi juga dilakukan dengan gencar untuk meningkatkan brand awareness. Perusahaan yang dibuatnya ini menawarkan keterjaminan produk yang dijual tanpa melewati perantara atau agen.

Tidak hanya pandai berbisnis, Miranda juga andil dalam berbagai kegiatan atau aktivitas sosial. Saat ini, Maya memiliki Rumah Belajar Miranda. Rumah belajar tersebut menjalankan program pemberdayaan perempuan dan anak kurang mampu. Disana juga merupakan lembaga pendidikan berupa Majelis Taklim Ummul Choir, Taman Pendidikan Al-Quran Ummul Choir, perpustakaan, kursus matematika, bahasa Inggris, dan membaca serta menulis.

Kebahagiaannya tidak hanya diukur dari banyaknya harta dan kesuksesan yang dimiliki. Tetapi juga kebahagiaan nuraninya saat bisa berbagi kepada sesama. Ia menggunakan rumah mewah orangtuanya untuk kegiatan belajar mengajar yang memiliki 500 anak didik. Menurutnya anak-anak tersebut punya hak belajar di tempat yang bagus. Tidak ada pungutan biaya atas rumah belajar yang dibuatnya itu. Namun ia menyediakan para pengajar terbaik.

Memiliki berbagai bisnis bukan hal mudah loh, dibutuhkan skill bisnis kuat untuk mencapai kesuksesan. Ia dan suaminya selalu mempercayakan bisnis kepada orang-orang profesional. Hebatnya lagi, dalam berbisnis Maya Miranda dan suami mengamali sifat-sifat Nabi Muhammad SAW, yaitu sidiq (perilaku yang didasari kejujuran dan kebenaran), amanah (tidak mengkhianati kepercayaan yang diemban), tabliq (keterbukaan), dan fatonah (cerdas dengan selalu belajar secara formal dan nonformal).

Selain itu, Ia juga menerapkan kepemimpinan menurut filsafat Asta Brata, di mana pemimpin menggambarkan sifat-sifat delapan anasir alam yaitu api, angin, air, tanah (memberi kesejahteraan kepada bawahan), matahari, bulan, bintang (memberi arah), laut (berlapang dada), dan mega (memberi kesejukan). Maya mengungkapkan dirinya tidak pernah melihat sosok perempuan sebagai sesuatu yang membelenggu. Baginya perempuan adalah kaum yang tangguh.

Itulah profil Maya Miranda Ambarsari, perempuan sukses di balik JD.ID. Dari kisahnya semoga dapat menjadi semangat bagi perempuan-perempuan Indonesia. Ikut meneladani dasar-dasarnya berbisnis agar menjadi pebisnis sukses.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here