diagnosis memar

Meskipun memar sesekali biasanya tidak perlu dikhawatirkan, mudah memar bisa jadi. Dikutip dari info penyakit di SehatQ, jika Anda melihat lebih sering memar, berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda dapat membantu menentukan penyebabnya.

Selain pemeriksaan fisik untuk melihat apakah ada memar, penyedia layanan kesehatan Anda kemungkinan akan menanyakan pertanyaan tentang riwayat kesehatan keluarga Anda.

Selain itu juga bisa menjalani tes darah untuk mengukur kadar trombosit Anda dan waktu yang dibutuhkan darah Anda untuk membeku. Ini dapat membantu menentukan bagaimana tubuh Anda merespons cedera ringan di mana pembuluh kapiler pecah dan membentuk memar.

Terkadang anak-anak lebih rentan mengalami memar. Seperti orang dewasa, beberapa obat dan kondisi yang mendasari mungkin menjadi penyebabnya. Anda harus menghubungi penyedia layanan kesehatan jika anak Anda sering mengalami memar yang tidak dapat dijelaskan bersama dengan:

1. Ruam

2. Perut membesar

3. Demam

4. Berkeringat atau kedinginan

5. Sakit tulang

6. Kelainan wajah

Mengobati luka memar

Dalam kebanyakan kasus, memar hilang dengan sendirinya tanpa perawatan. Setelah beberapa hari, tubuh Anda akan menyerap kembali darah yang awalnya menyebabkan perubahan warna. Anda dapat membantu mengatasi memar untuk mempercepat pemulihan. Jika ada pembengkakan dan nyeri disertai memar, pengobatan pertama adalah dengan mengompres dingin. Ingatlah untuk membuat pembatas antara benda dingin dan kulit telanjang Anda.

Jika lengan atau tungkai terkena, angkat anggota tubuh dan berikan kompres dingin selama 15 menit sampai pembengkakan berkurang. Anda dapat mengonsumsi asetaminofen (Tylenol) atau ibuprofen (Advil, Motrin) untuk mengobati nyeri.

Jika penyedia layanan kesehatan Anda menemukan bahwa mudah memar disebabkan oleh obat-obatan atau kondisi medis tertentu, mereka akan membantu Anda mengubah rencana perawatan Anda. Jangan pernah berhenti minum obat sendiri.

Beberapa obat memerlukan pengurangan, atau pengurangan secara bertahap, atau penggunaannya perlu dipantau secara ketat.

Mencegah terjadinya memar

Meskipun kondisi dan pengobatan tertentu dapat meningkatkan memar, Anda mungkin masih dapat mencegah memar. Salah satu metode adalah berhati-hati seiring bertambahnya usia. Kulit pada orang dewasa yang lebih tua umumnya lebih tipis, yang dapat meningkatkan kemungkinan Anda mudah memar.

Anda dapat membantu mencegah memar dengan:

1. Memberi jeda saat Anda berjalan

2. Berlatih latihan keseimbangan untuk mencegah benturan dan jatuh

3. Menghilangkan bahaya rumah tangga yang dapat membuat Anda tersandung atau terbentur

4. Memakai alat pelindung (seperti bantalan lutut) saat berolahraga

5. Memilih baju lengan panjang dan celana panjang untuk mencegah memar ringan

6. Mendapatkan nutrisi yang tepat juga dapat membantu melindungi dari mudah memar. Cobalah makan makanan yang mengandung vitamin C dan K.

Kapan harus menemui dokter?

Hubungi penyedia layanan kesehatan Anda jika Anda memar lebih sering dari biasanya dan jika memar disertai dengan pendarahan dari tempat lain, seperti di urin Anda. Ini bisa menunjukkan kondisi serius yang harus segera diatasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here