manfaat asuransi kesehatan

Kesehatan merupakan investasi yang paling berharga. Wajar jika semua orang akan berusaha agar terhindar dari sakit yang kapan saja bisa menyerang. Tak heran kini asuransi kesehatan jadi salah satu jenis asuransi yang populer di kalangan masyarakat. Selain memberi perlindungan kesehatan, manfaat asuransi ini juga membuat kondisi finansial tidak terpuruk saat sakit melanda.

Misalnya tiba-tiba terjadi kecelakaan saat di tempat kerja atau ketika di perjalanan. Takdir tidak ada yang tahu, itulah mengapa kita harus selalu berhati-hati dan siap siaga. Memiliki asuransi kesehatan juga bukan berarti kamu mempersiapkan diri atau meminta’ diberikan penyakit. Punya asuransi seperti ‘payung’ kesehatan. Tidak perlu menunggu sakit pula untuk memiliki asuransi.

Bagi yang belum memiliki asuransi kesehatan, mungkin dikarenakan faktor belum mengetahui apa saja manfaat asuransi kesehatan tersebut. Jika iya, kamu harus simak beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan jika memiliki asuransi sejak dini.

Membantu mengatur uang dengan lebih disiplin

Memiliki asuransi akan memudahkan kamu dalam mengatur keuangan. Sebab, asuransi kesehatan mengharuskan  kamu untuk membayar premi rutin setiap bulannya. Tentu kamu akan disiplin menyisihkan beberapa persen pendapatan untuk membayarnya. Secara tidak langsung, ini akan membantu mengatur keuangan dengan jelas dan detail tiap bulannya.

Tidak panik memikirkan biaya berobat saat sakit

Tujuan utama memiliki asuransi kesehatan tentu saja agar kamu punya jaminan finansial ketika sakit dan tidak merepotkan orang lain. Apalagi jika sakit tiba-tiba datang menghadang. Asuransi akan menjadi ‘penyelamat’ dari segi keuangan. Selain tidak pusing memikirkan uang pengobatan, kamu juga bisa lebih fokus menjalani perawatan dan proses penyembuhan.

Tidak merepotkan orang lain saat sakit

Selain menjadi penolong dari segi finansial ketika sakit, kamu juga tidak akan membebani keluarga, sahabat, teman, tetangga, dan siapapun untuk biaya pengobatan. Sebab, semuanya akan ditanggung oleh pihak asuransi. Seperti yang diketahui bahwa berobat butuh biaya yang tidak sedikit. Kamu juga tidak perlu meminjam uang sana sini demi biaya pengobatan.

Mendapat manfaat asuransi kesehatan sesuai perjanjian

Setiap asuransi kesehatan ada beragam pula jenis perawatan yang akan kamu dapatkan. Perawatan yang diberikan tentu disesuaikan dengan perjanjian di polis yang disepakati di awal. Masing-masing perawatan biasanya punya batas biaya yang ditanggung pihak asuransi. Plafon atau batasan ini disesuaikan pula dengan besaran premi yang dibayar setiap bulannya.

Secara umum, perawatan yang ditanggung oleh asuransi kesehatan seperti rawat inap di rumah sakit, rawat jalan berupa konsultasi dokter hingga pemeriksaan laboratorium, persalinan normal maupun caesar, perawatan pencegahan penyakit, perawatan gigi, serta biaya obat-obatan.

Sebagai investasi tabungan masa depan

Biasanya pada beberapa asuransi kesehatan, ada kebijakan pegembalian dana bila masa berlaku polis sudah habis. Tentu saja ada syarat dan ketentuan yang sudah disepakati di awal perjanjian. Dalam kondisi seperti ini, membeli produk asuransi kesehatan berarti kamu berinvestasi tabungan untuk masa depan sekaligus. Tentu dengan kelebihan, kamu mendapat jaminan layanan kesehatan yang akan meringankan biaya selama proses pengobatan. Bila perjanjiannya sudah habis, uang yang terkumpul bisa digunakan untuk hal lain yang juga memberikan manfaat bagi kamu. Jadi gak ada ruginya memiliki asuransi, kan?

Mengurangi risiko

Manfaat asuransi bukanlah untuk mencegah kamu dari penyakit yang menyerang. Namun, dengan adanya polis asuransi ini, secara tidak langsung kamu sedang berupaya mengurangi risiko kerugian yang akan ditimbulkan saat kamu jatuh sakit, terutama secara finansial. Apalagi biaya pengobatan tidak bisa diprediksi dan butuh biaya yang cukup besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here