Ria Ricis
Ria Ricis

Updateterbaru.com, Nama Ria Ricis memang sudah menjadi bahan pembicaraan semua orang. Youtuber ternama ini pun sering kali memberikan konten-konten yang tak jarang menimbulkan kehebohan, seperti dirinya yang baru-baru ini mengunggah video dirinya yang tengah menyantap gurita yang masih hidup.

Video  berjudul ‘Pertama Kali Makan Gurita Hidup! – Mukbang Korea Tersiksa’ yang di unggah di kanal Youtube Ricis Official pada 22 Agustus 2019 ini membuat sejumlah pihak melayangkan kritik dan kecaman, salah satunya adalah Garda Satwa Indonesia yang merupakan komunitas pecinta hewan.

Unggahan video yang berdurasi 10 menit 31 detik ini memperlihatkan Ricis yang sedang menikmati gurita ketika berlibur ke Korea Selatan. Ia bersama temannya pun tak luput mencoba hidangan gurita hidup ketika berada di salah satu restoran di sana.

Pada awal video, Ricis sempat menyebut jika gurita yang dimakannya adalah makanan halal. Di sini juga terlihat jika Ricis kesulitan selama memakan gurita yang masih hidup di baskom. Namun pada akhir video, gurita yang telah ricis makan kemudian dimasak.

Usai tayangnya video ini rupanya Garda Satwa memberikan kritik atas konten video ini. Melalui akun Instagram resmi Garda Satwa mengunggah kritik dan menyayangkan konten yang dibuat oleh Ricis. Salah satu komunitas pecinta satwa di Indonesia ini juga mengunngah laman Facebook milik Ricis yang terdapat keterangan jika video yang diunggah adalah video yang sensitif dan mengandung unsur kekerasan.

Menurut pihak Garda Satwa memakan hewan secara hidup-hidup merupakan hal kejam dan tidak beradab, meskipun gurita merupakan hewan yang sering dikonsumsi. Pihaknya mengatakan jika Ricis malah cenderung menyakiti si gurita karena Ricis menggigitnya sedikit-sedikit dan si gurita tidak langsung tewas.

Menanggapi kritik yang dilontarkan Garda Satwa, Ria Ricis pun akhirnya buka suara soal berita yang menghebohkan jagat maya ini. Melalui akun Instagram resminya, Ricis menulis klarifikasi memalui Instagram Storynya. Dalam unggahannya ini ia mengatakan jika gurita yang dimakan sudah mati. Namun hal ini tak membuat pihak yang mengkritiknya merasa puas.

Garda Satwa kemudian menanggapi postingan klarifikasi dari Ria Ricis. Menurutnya apa yang disampaikan Ria Ricis melalui Instagram Storynya tidak seperti yang mereka inginkan. Hal ini karena jika memang guritanya sudah mati ketika dimakan, lalu mengapa Ria Ricis menjadikan ‘Makan Gurita Hidup’ sebagai judul videonya dan meminta pihak Ricis untuk mengubah judul videonya atau menurunkan video tersebut.

Tanggapan komunitas Garda Satwa Indonesia terhadap klarifikasi Ria Ricis.

Pada Sabtu 31 Agustus 2019 akhirnya pihak Garda Satwa menemui Youtuber Ria Ricis guna membahas seputar konten makan gurita hidup-hidup yang dinggah pada 22 Agustus 2019 lalu di kanal Youtube Ria Ricis.

Namun pada kesempatan ini Sekertaris dari Garda Satwa Indonesia mengatakan jika pertemuan ini tidak dihadiri oleh Ria Ricis namun hanya dihadiri oleh tim dari Ricisnya saja. Dalam pertemuan ini pihak Garda Satwa kembali menyampaikan kritiknya terhadap video Ricis makan gurita hidup-hidup.

Usai penyampaian kritik tim Ricis kemudian memberikan sejumlah penjelasan yang intinya sama seperti klarifikasi yang disampaikan sebelumnya oleh Ria Ricis di Instagram story miliknya. Pihak Ricis menyebut jika gurita yang tampak hidup dalam video itu sebenarnya sudah dalam keadaaan mati, dan gurita yang bergerak-gerak itu sebenarnya merupakan pengaruh garam dan bumbu-bumbu lainnya yang membuat otot hewan itu berkontraksi. Pertemuan ini pun dikatakan Annisa tidak menemukan titik terang.

Lalu, pada Minggu 1 September 2019 Pihak Garda Satwa akhirnya bisa bertemu langsung dengan si pemilik konten, Ria Ricis. Pihak Ricis meminta Garda Satwa untuk menurunkan unggahan yang berisi kritik terhadap video mereka, namun pihak Garda Satwa menunggu pihak Ricis untuk mengubah judul videonya. Hingga saat ini belum juga menemukan titik terang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here