Habibie berkunjung ke makam Ainun
Habibie berkunjung ke makam Ainun, sang istri tercinta

Updateterbaru.com, Kisah cinta BJ Habibie dan Ainun memang selalu menjadi perlambangan cinta sejati. Berbagai foto mesra sering menghiasi media massa dan media social. Bahkan diabadikan dalam film dan juga lagu. Film Habibi & Ainun yang begitu terkenal diperankan oleh Reza Rahardian dan Bunga Citra Lestari.

Seperti yang dikutip Tempo, saat melakukan wawancara dengan BJ Habibie pada 12 Desember 2010 lalu, dia mengatakan bahwa Ainun adalah cinta sejatinya.

Habibie bercerita sembari mengingat masa-masa awal dia jatuh hati pada Ainun. Menurut ilmuwan ini, dia dulu tidak pernah merasakan apa yang dirasakannya pada Ainun. Ketika berpaling, malah ingin melihat lagi. Kalau kata Habibie, itu namanya merindukan.

Habibi dan Ainun dulu sempat terpisah dan baru bertemu lagi setelah 7 tahun kemudian. Habibie bercerita saat bertemu kembali dengan Ainun, dia kaget. “Kok cantik kamu, ya, gula jawa menjadi gula pasir.” Kalimat Habibie ini mungkin selalu terngiang-ngiang, menjadi awal munculnya sebutan ‘gula jawa’ untuk Ainun. Di mana digambarkan juga dalam film yang diperankan Reza dan BCL.

Habibie juga menyebut Ainun sebagai orang yang tenang, tidak hanya dari pembawaannya tetapi juga cara dan nada bicaranya. Habibie mengingat saat Ainun bertanya kapan dirinya akan kembali dari Jerman, Ainun bertanya dengan tenang, begitu ingat pria kelahiran 25 Juni 1936 ini.

Kemudian, Habibie juga berdiskusi dengan ayah Ainun di kediamannya. Saat itu dirinya ditanya mengenai pekerjaannya di Jerman. “Kami duduk di meja makan bundar,” ingat Habibie.

Kisah cinta BJ Habibie dan Ainun
Mengenang kisah cinta BJ Habibie dan Ainun

Dirinya juga ditanya oleh Ibu Ainun. Setiap beralih pandangan ketika diskusi di malam takbiran tersebut, kata Habibie, pandangannya pasti melewati mata Ainun. Dia mengatakan pandangan yang saling beradu membuat dia bergetar dan tak pernah dirasakan sebelumnya.

Sambil santai, Habibie bercerita dia kecanduan memandang Ainun. “Konklusi saya inilah true love,” ungkapnya.

Kisah cinta pasangan ini memang menjadi inspirasi bagi banyak orang. Bahkan film Habibi & Ainun 3 akan dirilis pada Desember 2019 nanti. Lagu original soundtrack untuk film ini dinyanyikan oleh Maudy Ayunda dengan judul ‘Kamu dan Kenangan’.

Menurut Maudy, Habibie sempat berkaca-kaca dan merasa sedih saat lagu ini diperdengarkan. Lirik lagu yang menyayat hati membuat Bapak Teknologi Indonesia itu tercenung. Kesedihan dan kesendirian itu tergambar jelas di matanya. Liriknya yang sangat dalam mewakili bagaimana perasaan Habibie yang sedih dan sendiri setelah kepergian Ainun.

Lagu yang mendayu-dayu sebagai salah satu soundtrack film Habibie & Ainun 3 karya Hanung Bramantyo, diciptakan dan diaransemen oleh Anto Hoed dan Melly Goeslaw.

Kini, Bapak Teknologi Indonesia sudah menyusul dan ‘berkumpul’ bersama cinta sejatinya, Hasri Ainun Habibie. Jika mengutip kata dari cucu keponakan Habibie, Melanie Subono, saat melepas kepergian sang kakek, ‘Sampai bertemu di keabadian.’

BJ Habibie meninggal di RSPAD Gatot Subroto pada Rabu, 11 September 2019 di usia 83 tahun. Presiden ke-3 RI ini meninggal karena faktor usia dan gagal jantung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here