jenis pembangkit surya

Berpindah untuk menggunakan sistem pembangkit listrik tenaga surya? Mulailah dengan mencari penyedia panel surya terbaik untuk saat ini hanya di PT Sewatama.

Dengan melakukan pemasangan panel surya pada tempat kerja Anda saat ini, bisa meningkatkan langkah menghemat energi yang bisa saja habis sewaktu-waktu.

Anda harus tahu bahwa sistem dari PLTS memiliki 2 jenis konfigurasi komponen sistem yang berbeda, diantaranya yaitu stand alone dan grid connected. Tentunya kedua jenis dari konfigurasi komponen sistem ini sangatlaah berbeda dalam hal karakteristiknya.

Anda harus mengetahui hal ini sebelum melakukan pemasangaan panel surya di dalam perusahaan ataupun perindustrian.

Jenis PLTS Berdasarkan Dengan Konfigurasi Komponen

Sudah disebutkan bahwa terdapat dua jenis yang berbeda dari konfigurasi komponen, mulai dari stand alone dan grid connected.

  1. Stand alone

Anda harus tahu bahwa PLTS yang menggunakan jenis stand alone maka akan bekerja secara mandiri. Dalam hal apa? Hal ini akan berkaitan dengan pemasokan mandiri dari beban bernama AC dan DC. Sudah tahu pastinya dengaan arus AC dan DC.

Anda harus tahu bahwa sistem yang ada di stand alone bisa menggunakan energi matahari untuk menjadi listrik dan bisa menggunakan tenaga-tenaga lainnya, seperti air.

Dalam penggunaan jenis stand alone Anda harus tahu bahwa sistem PLTS yang satu ini harus mempunyai komponen bernama baterai, hal ini merupakan syarat utama pembangunan PLTS stand alone.

  • Grid Connected

Anda harus tahu bahwa jenis grid connected akan sangat berbeda jauh dengan stand alone. Mengapa? Karena, sistem dari PLTS ini masih memiliki sambungan dengan listrik yang dihasilkan oleh PLN.

Adapula komponen yang sangat utama dalam menggunakan grid connected yaitu komponen bernama inverter grid.

Jadi fungsi dari komponen utama dari grid connected adalah pengubahan sistem listrik arus DC menjadi arus sistem listrik AC.

Tidak lupa lagi dengan syarat dalam pemasangan PLTS grid connected yaitu harus mempunyai yang namanya anti islanding. Jadi, kondisi yang mana kondisi listrik PLN dalam keadaan mati, maka sistem akan terputus secara otomatis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here