Ustad Abdul Somad
Ustad Abdul Somad memiliki gayanya sendiri ketika berdakwah.

updateterbaru.com, Nama Ustad Abdul Somad selalu menjadi bahan perbincangan di kalangan masyarakat. Ustadz yang bernama asli Abdul Somad Batubara ini menjadi salah satu pendakwah Tanah Air yang cukup populer. Ia diketahuo merupakan ahli hadis dan fikih. Ustad Abdul Somad adalah salh satu pendakwah yang memiliki gaya yang khas ketika memberikan ceramah. Ia kerap kali menyisipkan humor, namun tak jarang juga menuai kontroversi.

Berikut sejumlah kontroversi UAS yang sempat menghebohkan publik:

Ditolak Pimpinan KPK, Namun disambut Hangat di KPK

Pendakwah kondang Abdul Somad sempat ramai diberitakan usai kehadiran dirinya di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jakarta Selatan pada 19 November 2019 dalam rangka memberikan ceramah yang bertemakan integritas.

Akan tetapi, kedatangannya ini tak disambut baik oleh Ketua KPK Agus Rahardjo. Dirinya menegaskan bahwa telah mencegah kehadiran UAS ke KPK, bukan karena alasan isi ceramahnya, namun sosok Abdul Somad yang kontroversional.

Ia juga mengatakan, telah mencoba untuk memperingatkan pegawai KPK untuk membatalkan rencana menghadirkan UAS, akan tetapi, sebagian pengawas tetap menghadirkan UAS tapi tak secara resmi kelembagaan.

Mendapat Ancaman Berupa Intimidasi

Selain mendapatkan penolakan untuk berceramah di beberapa daerah, UAS pun pernah mengalami intimidasi. Melalui akun sosial media Instagramnya, UAS pernah mengunggah pengumuman terkait penolakannya di beberapa daerah.

Dalam postingan itu disebutkan jika dirinya mendapatkan sejumlah ancaman, intimidasi, dan pembatalan terhadap tausyiahnya di sejumlah daerah. Seperti di Grobogan, Kudus, Jepara, dan Semarang. Selain itu, mereka UAS juga jgawatir dengan beban panitia yang semakin berat serta kondisi psikologi jemaahnya dan dirinya.

Di dalam unggahan tersebut, UAS juga membatalkan sejumlah janji di beberapa daerah seperti di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Yogyakarta.

Heboh Pencalonan UAS Jadi Cawapres Prabowo di Pilpres 2019

Pada momen jelang pendaftaran pasangan calon Presdien dan Wakil Presiden 2019, nama UAS menarik perhatian. Saat itu namanya disebut-sebut akan menjadi pasangan Prabowo Subianto untuk maju pada Pilpres 2019.

Usulan nama Ustad Abdul Soman untuk menjadi cawapres Prabowo Subianto disampaikan oleh Ijtima Ulama. Akan tetapi, pada akhirnya Sanduiaga Uno yang dipilih untuk menjadi cawapres Prabowo di Pilpres 2019.

Ustad Abdul Somad
Ustad Abdul Smoad merupakan penceramah yang sempat dicalonkan menjadi cawapres dari Prabowo Subianto.

Meski demikian, UAS juga sempat memberikan pernyataan kepada publik melalui media, jika dirinya memang tak tertarik pada dunia politik dan dirinya hanya ingin fokus berdakwah.

Mendapat Penolakan di Sejumlah Daerah

UAS bukan hanya sekali atau dua kali mendapatkan penolakan untuk berceramah di sejumlah daerah. Ustad yang merupakan lulusan Universitas Al-Azhar Mesir ini pernah ditolak ketika dirinya ingin berkunjung ke Bali pada 2017.

Selain di dalam negeri, UAS juga pernah menerima penolakan ketika diirnya ingin ke Hong Kong bahkan dirinya harus di deportasi. Pembatan ceramah ustad Abdul Soman ini pun pernah dilakukan oleh PLN Disjaya Gambir, Jakarta.

Isi Ceramah yang Kontroversial

Meski banyak yang menyukai gaya berceramah ustad Abdul Somad, nyatanya tak sedikit pula orang yang menganggap jika isi ceramahnya cukup kontrobersional.

Salah satu isi ceramah yang cukup mengundang perhatian adalah ketika dirinya menilai seluruh konsumen gerai kopi asal Amerika Serikat, Starbuck akan masuk neraka. Hal ini karena pemiliknya merupakan pendukung gerakan Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT).

Masalah terbesar adalah ketika dirinya mengomentari soal salib yang dinilai menyinggungg umat Kristen. Video yang terjadi tiga tahun lalu itu kembali mencuat ke permukaan dan menjadi perdebatan. UAS pun dilaporkan oleh Komunitas Horas Bangso Batak ke Polda Metro Jaya dan oleh sejumlah kelompok lainnya.

Itu tadi sejumlah kontroversi mengenai Ustad Abdul Somad yang sempat menghebohkan masyarakat Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here