Lola Zieta
Cosplayer Lola Zieta mengaku jika dirinya panseksual kepada Deddy Corbuzier.

updateterbaru.com, Salah satu cosplayer asal Indonesia bernama Lola Zieta menjadi perbincangan usai dirinya mengaku orientasi seksualnya saat diwawancarai di tayangan akun Youtube milik Deddy Corbuzier. Dalam perbincangannya ini, Lola mengatakan jika orientasi seksualnya bukan straight atau normal selayaknya perempuan pada umumnya menyukai gender laki-laki saja, melainkan dirinya adalah panseksual yang memiliki arti jika dirinya tertarik pasa seseorang tanpa mengenal gender.

Sebenarnya hal ini bukanlah hal pertama, sebelumnya ada Miley Cyrus yang merupakan penyanyi asal Amerika Serikat yang mengakui dirinya sebagai panseksual. Lola sendiri mengatakan bahwa dirinya pun tak masalah jika harus berhubungan intim dengan jenis kelamin apapun, termasuk didalamnya pun transeksual. Akan tetapi, menurut pengakuan Lola dirinya sangat menyukai perempuan dan merasa bahwa perempuan adalah sosok yang sangat cantik.

Berkaitan dengan ini, lalu apa bedanya panseksual dengan biseksual ya? Ini penjelasannya:

Mendengar pengertian sekilas mengenai panseksual dan biseksual mungkin sebagian orang masih menganggap keduanya memiliki definisi yang sama, namun sebenarnya keduanya ini berbeda lho.

Lola Zieta
Lola Zieta Mengaku Panseksual.

Panseksual

Sosiolog Emily Lenning mengartikan panseksual sebagai ketertarikan terhadap seseorang, ketertarikan ini tanpa melihat apa jenis kelaminnya, gender, ataupun orientasi seksualnya. secara luas jika diartikan, Panseksual ini merupakan ketertarikan kepada seseorang. Tidak pedul apakah orang tersebut gay, lesbian, transgender, pria atau wanita.

Seorang panseksual tertarik pada seseorang sebagai individunya, bisa dengan kepribadiannya atau karakter orang tersebut. Jenis orientasi seksual ini tidak terbatas dan unik, biasanya mereka akan menemukan daya tarik pada seseorang lewat bagaimana rasa romantisme, kepribadian, dan emosional antar satu sama lain terhubung.

Biseksual

Terlihat sama namun sebenarnya memiliki definisi yang berbeda. Biseksual adalah kondisi ketika orang yang memiliki ketertarikan yang sama kuat pada dua gender yaitu laki-laki dan perempuan, baik dari sisi emosional, romantisme, intelektual, atau seksual. Ketertarikan ini pun bisa terjadi pada dua orang di waktu yang sama atau satu orang dan lainnya berlainan waktu.

Pengertian sederhananya, ketika seorang pria heteroseksual atau straight atau normal pasto akan mendapatkan kepuasan batin dan seksual dengan lawan jenis gendernya yaitu perempuan. Sedangkan untuk mereka yang biseksual, laki-laki itu bisa mendapatlan kepuasan batin dan seksual baik dari laki-laki atau perempuan.

Mengenai kondisi orientasi Lola Zieta yang panseksual, sebenarnya kondisi ini masih terhitung kurang dari satu persen popilasi orang yang menyatakan dirinya sebagai panseksual. Seorang psikolog dan terapis seks Holly Richmond,ph.D mengatakan jika panseksual merupakan konsep ketertarikan yang cukup baru bagi banyak orang dan hal ini pun sulit untuk menentukan dengan tepat berap banyak orang yang memiliki orientasi seksual ini.

Akan tetapi, apakah panseksual ini termasuk gangguan kejiwaan?

Berdasarkan Pedoman Penggolongan dan Diagnosis Gangguan Jiwa (PPDGJ) yang diserap dari Diagnostic dan Statistical Manual of Mental Disorder (DSM), panseksual ini tidak termasuk dalam kategori gangguan jiwa.

Hal ini karena orientasi seksual seseorang memang tidak akan menimbulkan gejala-gejala klinis seperti rasa nyeri atau disfungsi pada organ tubuh. Selain itu, ini bukanlah penyakit atau gangguan jiwa karena tidak termasuk dalam kondisi yang harus diperbaiki atau diobati dengan cara apapun.

Namun, hal ini bisa berdampak pada kesehatan mental seseorang ketika dihadapkan oleh sosial-budaya di masyarakat tempat mereka tinggal. Seorang panseksual ini bisa jadi akan lebih rentan mengalami stres berlebih atau depresi yang bisa mengganggu kesehatan jiwa mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here