Ferdian Paleka
Ferdian Paleka buat Konten Minta Maaf Pasca Bebas dari Penjara

Updateterbaru.com, Siapa yang masih ingat dengan Ferdian Paleka? Ya, remaja pria yang merupakan YouTuber viral karena konten prank ‘sampah’nya. Di masa pandemi, Ferdian mengegerkan atas konten bagi-bagi bantuan sosial yang ternyata berisikan sampah. Atas hal itu Ferdian pun dilaporkan ke Polisi oleh para korbannya. Kini kasus tersebut telah selesai melalui proses hukum dan Ferdian telah bebas sejak Juni 2020.

Ferdian bebas dengan dijemput oleh tim kuasa hukum dan keluarga di Mapolrestabes Bandung pada, Kamis (4/6/2020). Selain Ferdian, dua temannya, Tubagus Fahddinar dan Aidil, juga dinyatakan bebas.
Ferdian keluar dari gedung Satreskrim Polrestabes Bandung menggunakan jaket tipis, topi, dan masker berwarna putih. Kemudian mengendarai mobil berwarna hitam yang sebelumnya disita polisi karena jadi alat bukti aksi prank yang dilakukannya.

Kasat Reskrim Polrestabes Bandung AKBP Galih Indragiri membenarkan bebasnya Ferdian. Menurutnya, Ferdian bebas lantaran pelapor, yaitu waria yang jadi korban prank, mencabut laporan.

“Dasarnya (Ferdian bebas) itu yang pasti pencabutan aduan dan laporan dari korban kepada kami yang kita terima satu minggu lalu. Itu yang menjadi dasar kami untuk mengeluarkan para tahanan,” ucap Galih di Mapolrestabes Bandung.

Galih tak menjelaskan alasan pelapor mencabut laporan tersebut. Menurutnya, hal tersebut diserahkan kepada pihak pelapor. “Iya, jadi pelapor juga sudah menanyakan kepada kami bahwasanya yang bersangkutan akan mencabut dan itu semua kami serahkan kepada pelapor yang menerima perundungan itu,” katanya.

Kini setelah menghirup udara bebas, Youtuber Ferdian Paleka kembali mengunggah sebuah video di kanal Youtube pribadinya. Berbeda dengan konten sebelumnya, pada kontennya ini Ia membuat video permohonan maaf atas kejadian sebelumnya. Ferdian pun mengaku menyesal dan mengakui kecerobohan dirinya.

Dalam video yang bertajuk ‘Maafkan saya.’ Ferdian terlihat mengutarakan permintaan maaf-nya kepada seluruh masyarakat Indonesia atas apa yang sudah ia lakukan.

“Hai guys welcome back Ferdian Paleka, jadi kali ini gue enggak akan lama-lama gue cuma pengin minta maaf saja buat kalian semua. Seperti yang kalian tahu gua masuk penjara karena prank sampah yang gua lakuin bersama teman-teman,” ujar Ferdian dalam video unggahannya.

“Gue enggak kepikiran video itu bakalan viral, yang ada dipikiran gue cuma bercanda saja dan gue enggak pikir panjang gue bisa masuk penjara, gue bikin ramai satu negara. Gue cuma mau minta maaf sedalam-dalamnya kepada semua masyarakat Indonesia atas apa yang gue lakuin,” lanjutnya.

Kejadian tersebut juga akan dijadikan pembelajaran untuk kedepannya agar lebih berhati-hati dalam bertindak dan lebih mendengarkan saran yang positif dari orang-orang disekitarnya. Ia pun sangat menyesali perbuatan sebelumnya. Segala kejadian yang sudah menimpanya, ia anggap sebagai sebuah pembelajaran dan bahan introspeksi untuk dirinya.

“Intinya gue minta maaf atas segala yang gue lakuin, berkat semua kejadian ini gue bisa berfikir panjang buat kedepannya, enggak ambil keputusan dengan cepat. intinya gue sangat menyesal sih untuk konten yang kemarin. Dan mungkin kalau gue enggak ketangkep dan ditegur dengan kejadian ini gue akan ngelakuin prank gila yang lebih dari ini yang untung saja gue ditegur dengan kejadian ini gue bisa introspeksi diri buat kedepannya,” ungkap Ferdian. 

Ferdian Paleka  juga menyampaikan jika kedepannya ia akan tetap berkarya di YouTube dengan menyajikan konten-konten yang lebih positif dan bermanfaat untuk para pengikut channel Youtubenya. Atas keberanian dan kebesaran hatinya itu, tak sedikit warganet yang mencuit berkomentar. Bahkan ada warganet yang memuji dan mendukung perubahan YouTuber itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here