ciri ciri mau melahirkan

Melahirkan adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh calon ibu. Bukan hanya senang menunggu kehadiran sang buah hati, tapi juga cemas, khawatir dan panik menghadapi persalinan, terlebih jika ini merupakan kehamilan pertama. Anda perlu tahu ciri ciri mau melahirkan agar bisa mempersiapkan diri.

  • Muncul Kontraksi

Kontraksi sebenarnya bisa dialami ibu hamil ketika memasuki trimester kedua. Kontraksi ini disebut sebagai kontraksi palsu. Namun, saat kelahiran sudah mulai dekat, kontraksi akan terjadi lebih sakit dengan frekuensi dan durasi yang sama. Itulah mengapa pentingnya bagi ibu hamil mengetahui beda kontraksi palsu dan asli.

  • Diare dan Mual-Muntah

Menjelang kelahiran, tubuh akan memproduksi suatu hormon yang merangsang usus bergerak lebih sering. Hal inilah yang menyebabkan Anda akan sering ke kamar mandi, baik karena diare ataupun mual dan muntah. Reaksi alami ini mungkin sangat mengganggu dan bisa menyebabkan tubuh dehidrasi sehingga banyaklah minum.

  • Ketuban Pecah

Setelah kontraksi, biasanya akan terjadi pecah ketuban yang ditandai dengan keluarnya cairan seperti sedikit mengompol, tapi tidak sebanyak seperti yang ada di sinetron. Setelah pecah ketuban, sekitar 80% wanita yang melahirkan secara normal atau spontal dalam 12 jam. Jika kelahiran belum terjadi, maka akan dilakukan induksi.

  • Keluar Lendir dari Vagina

Ciri-ciri mau melahirkan berikutnya adalah keluarnya lendir dari vagina. Selama hamil, serviks tertutup oleh mucus atau lendir kental yang bertugas untuk melindungi janin agar tidak terkena infeksi dari luar. Namun, jika waktu melahirkan sudah dekat, serviks akan melebar dan akhirnya, mucus akan terlepas dan keluar dari vagina.

  • Bayi Merosot Turun

Mendekati persalinan, sekitar satu hingga empat minggu sebelumnya, Anda mungkin akan merasakan jika bayi turun ke panggul karena terjadi pengenduran. Kondisi ini menunjukkan bahwa bayi sedang mengatur ulang tubuhnya dengan posisi kepala di bawah sehingga bayi siap untuk keluar dalam persalinan nantinya.

  • Payudara ‘Bocor’

Menjelang proses persalinan, biasanya ASI yang merupakan kolostrum ini akan keluar. Cairan yang kaya akan nutrisi ini nantinya bisa menjadi makanan atau asupan nutrisi untuk bayi setelah lahir. Beberapa ibu bahkan harus melakukan berbagai upaya agar payudara bisa mengeluarkan ASI, tapi ada juga yang sampai berlebih keluarnya.

  • Nyeri pada Punggung

Bukan hanya perut yang mengalami kram, bagian punggung juga akan terasa nyeri menjelang persalinan. Rasa nyeri ini hampir sama dengan nyeri yang dirasakan pada saat menstruasi, namun akan terasa lebih berat seperti biasanya. Anda hanya perlu rileks dan mengatur pernapasan karena hal ini biasa dialami menjelang persalinan.

ciri ciri mau melahirkan

Demikian ciri-ciri mau melahirkan yang bisa menjadi pertanda bahwa proses persalinan akan segera tiba dan Anda harus segera bersiap. Untuk mendapatkan informasi menarik dan bermanfaat lainnya, Anda bisa mengunjungi Orami Magazine di orami.co.id.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here