Kasus Anji
Anji Bingung Mengapa Kontennya Soal Obat Antibodi Covid-19 Viral

updateterbaru.com, Penyanyi Anji mengaku bahwa dirinya bingung lantaran video di channel YouTubenya membahas obat Covid-19 menjadi viral. Dalam kontennya, mantan vokalis band Drive itu mewawancarai Hadi Pranoto yang disebutnya sebagai professor mikrobiologi yang telah menemukan dan membuat obat Covid-19. Ia menuturkan bahwa topic seperti yang dibahasnya sebelumnya sudah banyak dipublikasi.

Bahkan saat menemui Hadi pertama kali, Anji mengatakan ia melihat beberapa media sedang mewawancarai hal serupa dengan topik yang diangkatnya.

“Media nasional dan lokal melakukan wawancara dengan Bapak Hadi Pranoto, materi wawancaranya pun relatif sama dengan apa yang saya buat. Tapi entah kenapa yang viral saya,” ucap Anji.

Konten yang dibahas dalam YouTube dunia Manji, yaitu wawancara dengan Hadi Pranoto yang mengklaim bahwa ia telah menemukan obat antibodi Covid-19. Obat antibody tersebut disebut bisa mencegah dan menyembuhkan pasien terinfeksi Virus Corona. Hadi menuturkan bahan dalam obat antibodi itu berasal dari herbal, serta obat tersebut sudah banyak terjual di wilayah Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan.

Dalam konten, Hadi Pranoto mengenalkan dirinya sebagai profesor sekaligus kepala Tim Riset Formula Antibodi Covid-19. Hal itu menjadi salah satu yang membuat kehebohan yang mempertanyakan gelar tersebut serta uji klinis obat antibody Covid-19 yang dibahasnya. Akhirnya konten tersebut menjadi viral dan ramai dibicarakan oleh warganet.

Kasus Anji tersebut menyeret dirinya dan Hadi Pranoto ke laporan Polisi oleh Muannas Alaidid selaku Ketua Umum Cyber Indonesia. Laporan Muannas itu telah terdaftar per tanggal 3 Agustus 2020 dan saat ini sedang berjalan. Dalam laporan itu, pasal yang disangkakan yakni Pasal 28 Ayat (1) Jo Pasal 15A UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atau Pasal 11 dan 15 UU RI Nomor 1 Tahun 1946 mengenai Peraturan Hukum Pidana.

Mantan vokalis grup band Drive itu disangkakan telah menyebarkan berita hoax. Hal itu karena ia membahas dan mempromosikan obat antibody Covid-19 yang disebut belum jelas uji klinisnya. Hal itu pula yang menyeret Hadi Pranoto sebagai yang mengakui penemu obat antibodi tersebut. Baik Anji maupun Hadi telah dipanggil ke Polda Metro Jaya untuk pemeriksaan.

Meski merasa bingung mengapa kontennya bisa viral hingga mendulang kontroversi, Anji tetap menjadikan hal tersebut pelajarannya untuk lebih baik kedepannya. Sedangkan Hadi Pranoto menegaskan bahwa obat antibodi Covid-19 miliknya sama seperti obat herbal dan jamu biasa yang berfungsi meningkatkan imunitas tubuh.

Tidak hanya itu, Hadi juga melaporkan kembali Muannas ke polisi serta meminta ganti rugi. Sebab setelah viralnya isu dirinya dan obat antibody buatannya, ia kehilangan pelanggan dan mendapat kerugian berjumlah miliaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here