Resep Ati Ampela Balado.
Resep Ati Ampela Balado.

Updateterbaru.com, Ayam adalah salah satu bahan makanan yang paling banyak di konsumsi, selain harganya cukup ekonomis ayam memiliki banyak manfaat yang dibutuhkan tubuh. Ada salah satu bagian ayam yang cukup bermanfaat yaitu ati ampela, meskipun sedikit bau amis dan agak pahit namun bagian yang ayam yang satu ini cukup banyak diminati. Jika kamu ingin mengonsumsi ati ampela akan tetapi tidak suka dengan bau amis, cobalah resep ati ampela baladi di bawah ini.

Resep Ati Ampela Balado.
Resep Ati Ampela Balado.

Sebelum kita melihat resep ati ampela balado, kita akan membahas manfaat dari ati ampela yang mungkin tidak kamu tahu. Berikut ini adalah manfaat dari ati ampela.

Rendah lemak dan rendah sodium

Sama seperti bagian ayam lainnya, ampela ayam memiliki banyak kandungan nutrisi dan juga rasa yang sangat lezat, tidak hanya mengandung kolesterol. Ampela ayam sebenarnya memiliki kandungan rendah lemak dan juga rendah sodium karena setiap porsi 4 ons ampela ayam hanya mengandung 2,34 gram lemak, 78 miligram sodium, dan 107 kalori.

Zat besi

Tidak hanya itu, ampela ayam memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi. Di setiap 4 ons ampela ayam mengandung hampir 3 miligram zat besi. Jumlah ini lebih dari 35 persen dari jumlah yang disarankan untuk laki-laki dan perempuan berusia di atas 51 tahun, dan jumlahnya hampir 16 persen dari jumlah yang disarankan untuk wanita berusia di bawah 51 tahun.

Institute of Medicine merekomendasikan antara 8 dan 18 miligram besi per hari untuk pria dan wanita dewasa. Zat besi sangat diperlukan untuk menghasilkan sel darah serta hemoglobin dan mioglobin, dua protein yang berfungsi  membawa oksigen ke seluruh tubuh kamu.

Niacin (Vitamin B3)

Niacin lebih dikenal dengan sebutan vitamin B3. Apa pentingnya vitamin B3? Niacin atau vitamin B3 membantu kamu menjaga kesehatan rambut, kulit, hati dan mata sekaligus mendukung sistem kekebalan tubuh kamu. Asupan harian vitamin B3 yang direkomendasikan adalah 16 miligram untuk pria dewasa, 14 miligram untuk wanita dewasa, 18 miligram untuk wanita hamil dan 17 miligram untuk wanita menyusui.

Setiap 4 ons ampela ayam, mengandung  4 miligram niacin, jumlah ini hampir memenuhi 23 persen dan 30 persen angka kecukupan gizi untuk pria dan wanita dewasa.

Riboflavin (Vitamin B2)

Riboflavin atau yang biasa dikenal sebagai vitamin B2 berperan sebagai antioksidan alami yang dapat melindungi tubuh kamu dari kerusakan akibat radikal bebas. Dalam setiap 4 ons ampela mengandung 0,262 miligram riboflavin. Asupan riboflavin harian yang direkomendasikan adalah 1,3 miligram untuk pria, 1,1 miligram untuk wanita, 1,4 miligram untuk wanita hamil dan 1,6 miligram untuk wanita menyusui.

Nah itulah manfaat dari ati amplea, sekarang kita langsung saja melihat resep ati ayam balado dan memasaknya.

Resep Ati Ampela Balado.
Resep Ati Ampela Balado.

Bahan masakan ati ampela :

  • 500 gr Hati ayam
  • 500 gr Ampela ayam
  • 1 buah Tomat Sayur, potong kecil
  • Resep Cara Memasak Ati Ampela masak Sambal Balado
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1 sdt gara

Bumbu halus :

  • 8 buah bawang merah
  • 5 buah cabai merah besar
  • 5 buah Bawang putih

Cara Membuat Ati Ampela Bumbu Balado:

  1. Rebus ati dan ampela terlebih dahulu hingga empuk, tiriskan dan potong menurut selera
  2. Kemudian Goreng ati dan ampela hingga berwarna kecoklatan, angkat dan tiriskan
  3. Panaskan 3 sdm minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum
  4. Tambahkan potongan tomat, lengkuas dan daun salam, masak sampai bumbu matang
  5. Masukkan gorengan Hati ampela, tambahkan garam dan gula pasir, aduk rata.
  6. Masak selama kurang lebih 5 menit sambil sesekali diaduk, angkat
  7. Ati Ampela Bumbu Balado Siap untuk dihidangkan.

Nah itulah resep ati ampela balado, mudah bukan cara membuatnya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here