Tanda Melahirkan Sudah Dekat.
Tanda Melahirkan Sudah Dekat.

Updateterbaru.com, Memiliki momongan tentunya suatu kebahagiaan tersendiri bagi setaip pasangan, terutama bagi pasangan yang sudah lama menantinya. Kesehatan saat kehamilan pun tentunya sangat perlu di jaga dan di perhatikan dari mulai awal kehamilan, gun untuk kesehatan si kecil dan juga sang bunda. Memasuki kehamilan tua tentunya berbagai tanda melahirkan sudah dekat muncul.

Tanda Melahirkan Sudah Dekat.
Tanda Melahirkan Sudah Dekat.

Namun untuk ibu yang baru hamil tidak menyadari bahkan banyak juga yang masih belum mengetahui apa saja gejala yang biasanya terjadi saat akan dekat pada proses persalinan. Maka dari itu kita diharuskan siap siaga agar memudahkan dan tidak kerepotan saat akan melahirkan.

Bercak Darah

Pada saat akan dekat dengan proses persalinan tentunya beragam tanda muncul, salah satunya bercak darah.

Bercak darah yang bercampur dengan lendir merupakan salah satu gejala bunda akan cepat bertemu dengan si kecil. Jika bunda sudah melihat bercak darah ini segara konsultasikan kepada bidan atau dokter kandungan untuk mendapatkan tindakan lebih lanjut.

Mules Yang Menerus

Mules yang dirasakan mungkin akan terjadi saat hamil tua apalagi saat memasuki usia kehamilan 9 bulan, namun untuk mules tanda melahirkan berbeda dari mules yang biasa kita rasakan.

Tanda Melahirkan Sudah Dekat.
Tanda Melahirkan Sudah Dekat.

Mules ini akan semakin sering, jika merasakan mules yang sudah sering sebaiknya bunda segera ke rumah sakit bersalin untuk memeriksakan.

Kram Perut Dan Nyeri Yang Tak Tertahankan

Jika bunda merasakan kram yang makin sering dan makin menjadi sebaiknya hendak konsultasikan kepada bidan atau dokter kandungan yang biasa menangani. Kram pada perut ini menjadi pertanda sudah  mulainya pembukaan. Nyeri ini akan sangat tak tertahankan dengan semakin besarnya pembukaan jalan lahir. Bahkan diiringi juga dengan mules juga.

Air Ketuban Pecah

Tidak seperti pipis, biasanya air ketuban yang pecah tidak terasa apapun akan tetapi keluar seperti pipis dengan jumlah yang cukup banyak. Jika merasakan air ketuban pecah memang sebaiknya bunda langsung bersiap ke rumah sakit bersalin untuk bertemu dengan si kecil dengan lebih cepat.

Sulit untuk tidur

Tidur malam yang terganggu dan perasaan gelisah bisa menjadi tanda-tanda melahirkan. Usahakan untuk tidur atau beristirahat di siang hari, karena bunda membutuhkan tenaga ketika persalinan berlangsung. Pada kehamilan tua memang ibu hamil sulit untuk tidur nyanyak dan nyaman, diakibatkan perut yang semakin membesar dan rasa tidak nyaman yang dialami. Namun bunda tetap harus memaksakan untuk tidur dan beristirahat yang cukup.

Frekuensi buang air kecil meningkat

Beberapa pekan atau jam sebelum persalinan, bayi akan turun ke rongga panggul bunda. Kondisi ini membuat rahim menekan kandung kemih, sehingga frekuensi buang air kecil menjadi makin meningkat dibandingkan biasanya.

Perubahan pada serviks

Jaringan pada serviks akan melunak atau menjadi elastis. Jika bunda sudah pernah melahirkan, serviks akan lebih mudah terbuka sekitar satu atau dua sentimeter sebelum persalinan dimulai. Namun jika bunda baru pertama kali mengalami masa-masa ini, pembukaan serviks sebesar satu sentimeter tidak bisa menjadi jaminan akan segera melahirkan.

Jika bunda sudah merasakan tanda melahirkan sudah dekat seperti di atas, sebaiknya bergegas dan bersiap. Segala keperluan memang harus disiapkan dari jauh-jauh hari agar tidak kerepotan, apalagi untuk persiapan rumah sakit yang akan di pilih tentunya harus disiapkan dari jauh-jauh hari untuk mendapatkan penanganan dengan cepat. Jika sudah melakukan semua persiapan tinggal bertemu si kecil saja, semoga bunda yang akan melahirkan dalam waktu dekat diberi kemudahan dan kelancaran ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here